Microlearning

Divisi II - Lomba

Microlearning

Microlearning adalah cara pembelajaran dalam bentuk potongan kecil, khusus dan esensial dimana siswa dapat mengendalikan apa dan kapan mereka belajar. Microlearning merupakan inovasi pembelajaran di era revolusi industri 4.0 dan social society 5.0. Pembelajaran ini memungkinkan siswa mempelajari informasi berharga dalam waktu singkat. Microlearning memiliki keunggulan yaitu mudah diakses dimana dan kapan saja mendorong kepada lifelong learning, dapat menyimpan informasi lebih lama 20% dari pembelajaran dengan konten yang panjang. Bentuk penyajian konten dapat berupa: video tutorial, teks, presentasi, infografis, audio, dan bahkan permainan interaktif dengan durasi maksimal 10 menit.

Perlombaan microlearning memfokuskan pada penyediaan konten ajar untuk pembelajaran mandiri. Konten ajar meliputi materi kuliah untuk jurusan matematika, fisika, biologi, kimia, bidang ilmu lainya dan ilmu komputer atau informatika.

Para peserta lomba dituntut agar dapat merancang suatu produk microlearning yang baik untuk mencapai pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, dan menyenangkan (PAIKEM) dengan menggunakan metode pembelajaran dan teknik pembuatan microlearning yang baik sehingga menghasilkan produk pembelajaran yang memiliki kualitas yang baik dari sudut konten pembelajaran maupun teknik pembuatannya.

 

Ketentuan micro-learning yang dilombakan:

1.        Lama pembelajaran berdurasi sekitar 3-10 menit

2.        Karya orisinal

3.        Karya yang dibuat merupakan program pembelajaran kreatif yang dikembangkan sendiri/kelompok

4.        Tidak melanggar HAKI

5.        Materi ajar meliputi bidang:

a.         Matematika

b.         IPA

c.         Komputer dan Bidang Ilmu Lainya

 

Kriteria Penilaian:

1.        RPP

2.        Keterhubungan RPP dengan produk microlearning

3.        Produk microlearning

4.        Orisinalitas produk

 

Ketentuan produk:

1.        RPP dengan sistematika sebagai berikut:

a.         Bagian identitas mata kuliah

I.          Identitas pengusul

II.        Identitas universitas

III.      Nama Matakuliah

IV.      Topik

V.        Sub topik

b.         Kompetensi dasar

c.         Kompetensi inti

d.         Tujuan

e.         Indikator

f.          Strategi pembelajaran

g.         Bahan ajar

h.         Proses pembelajaran

2.        Produk microlearning

a.         Identitas peserta

b.         Identitas mata kuliah

c.         Kompetensi dasar

d.         Kompetensi ini

e.         Tujuan

f.          Indikator

g.         Proses pembelajaran

 

Babak Penyisihan

 

Produk yang diunggah dibuat dalam bentuk kompres RAR/ZIP dengan nama file Dimasti-AMLI-Microlearning-tim>-<Nama tim>-<judul karya> dengan ukuran maksimal file 8 MB, di url: https://dimas-ti.id/registration, paling lambat dikumpul tanggal 30 Juni 2021

Berkas yang dikumpulkan dalam babak penyisian adalah:

1.         RPP

2.         Produk micro-learning (kasus pembelajaran 1)

 

Babak Final

 

Peserta yang lolos ke babak final akan diumumkan tanggal 7 Juli 2021, dan selanjutnya tim harus:

1.        Melakukan pendaftaran ulang keikutsertaan di babak final mulai tanggal 12 Juli sampai 16 Juli 2021

2.      Peserta babak final harus mengunggah berkas hasil karya microlearning untuk babak final di url: https://dimas-ti.id/, dengan ketentuan berkas diunggah dalam bentuk kompress RAR/ZIP dengan nama file: Dimasti-AMLI-microlearning-tim>-<Nama tim>-<Judul microlearning> dengan ukuran file maks 8 MB. Berkas terdiri dari:

a.         RPP

b.         Produk microlearning (kasus pembelajaran 2)

 

Kriteria Penilaian

No

Kriteria Penilaian

Bobot

1

Kelengkapan RPP

10%

2

Kesesuaian Tujuan, Indikator, dan strategi

20%

3

Produk micro-learning

45%

4

Orisinalitas produk

25%