Microteaching

Divisi III - Lomba

Microteaching

Microteaching menurut Permenristek Dikti Nomor 55 Tahun 2017 Pasal 1 Ayat (7) merupakan pembelajaran keterampilan dasar mengajar dengan menggunakan latar, peserta didik, kompetensi, materi, dan sesi terbatas. Pembelajaran dilakukan dalam skala kecil baik dari segi ukuran kelas, durasi waktu, ruang lingkup materi pelajaran, dan keterampilan mengajar yang digunakan.

Adapun tujuan dari microteaching, yaitu memberikan pengalaman mengajar yang nyata dan latihan sejumlah keterampilan mengajar secara terpisah, mengembangkan keterampilan mengajar sebelum mengajar pada kelas sebenarnya, dan memberikan bermacam-macam keterampilan dasar mengajar serta memahami penerapan keterampilan mengajar tersebut.

Perlombaan microteaching berfokus pada kemampuan peserta lomba dalam merencanakan kegiatan pembelajaran dan mempraktikkan keterampilan dasar mengajar sesuai dengan RPP yang telah dibuat. Materi pembelajaran meliputi materi ajar matematika, biologi, kimia, fisika, bidang ilmu lainya dan ilmu komputer/informatika (RPL, TKJ, atau multimedia) untuk tingkat SMA/SMK/sederajat.

Para peserta lomba dituntut untuk dapat melakukan pembelajaran menggunakan kurikulum 2013 dengan menerapkan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan model/metode/strategi/pendekatan pembelajaran yang digunakan.

 

Umum :

1.        Berlaku untuk mahasiswa 12 LPTK AMLI

2.        Perorangan dengan 1 Pembimbing

3.        Materi menggunakan Kur 2013 utk SMA/SMK sederajat

 

Babak Penyisihan dan Final

 

1.        Menyusun/membuat 2 RPP beserta Perangkatnya (Media, bahan Ajar, LKPD, Alat Evaluasi/Penilaian) :

a)        RPP yang pertama disertakan video pembelajarannya(VP) (utk babak penyisihan) di upload di https://dimas-ti.id/registration sampai 30 Juni 2021

b)        RPP yang kedua utk babak Final (praktek langsung pelaksanaan RPP) di upload di https://dimas-ti.id/ pada tanggal 25 Juli 2021

2.        RPP dibuat utk 1 JP (45 menit)

3.        RPP pertama terlihat dengan baik di VP yang sudah di edit utk 20 menit

4.        RPP mengimplementasikan minimal 40% dari KI 4

5.        Struktur RPP

a)        Logo (identitas PT)

b)        Identitas Matapelajaran

c)         Minimal KI 3 dan 4

d)        Indikator

e)        Tujuan Pembelajaran

f)          Metoda/Model/Pendekatan/Strategi

g)        Kegiatan Belajar Mengajar (KBM)(Pendahuluan, Inti, Penutup) dalam bentuk tabel yang terdiri dari :

I.          Nomor

II.        Tahapan Metoda/Model

III.      Tahapan Pendekatan

IV.      Indikator

V.        Kegiatan Guru

VI.      Kegiatan Siswa

VII.    Keterangan (waktu, sumber ajar)

-        Penilaian (jenis, rubrik, alat evaluasi)

-        Lampiran

h)        Media/Multimedia yang sesuai dgn tuntutan indikator dan KBM

i)          Bahan Ajar yang sesuai dgn tuntutan indikator dan KBM

j)          LKPD yang sesuai dgn tuntutan indikator dan KBM

k)         Bentuk soal dan soal yang sesuai dgn tuntutan indikator dan KBM